Label

Selasa, 12 Juni 2012

Youtube


Youtube yang identik dengan video atau klip lucu, menarik atau bahkan aneh merupakan sebuah situs web yang secara khusus menawrkan layanan video sharing pmeropuler dimana para pengguna dapat memuat,menonton,dan berbagi klip video secara gratis. Youtube salah satu yang terbesar didunia maya,umumnya video-video di Youtube adalah klip,music (video klip),tv, serta video buatan para penggunanya sendiri.
Youtube didirikan pada tahun 2005 oleh tiga orang karyawan chad Hurley,Steve Chen dan Jawed Karim yang berawal dari sebuah ide tentang layanan video sharing atau berbagi video. Melihat peluang yang menguntungkan dan prospek yang cerah dari situs ini langsung membuat Google mengkausisi Youtube pada 9 Oktober 2006,sejak itulah portal berbagai video tersebut berkembang hingga saat ini. Kita bisa mengakses youtube tanpa harus mendaftar atau login ke youtube karena youtube mempunyai kemampuan tak terbatas untuk melakukan pencarian koleksi video maupun video group kemudian Dapat berbagi video dengan mem-forward link. Dapat juga melakukan pencarian di Help untuk menemukan pertanyaan seputar YouTube.
Ada beberapa layanan youtube yang bisa dinikmati para pengunjungnya,
1.      Home, menunjukkan bagaiamana kita bisa melihat video-video yang diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu:
a.       Videos beeing watch right now merupakan kategori yang menampilkan video video yang saat ini sedang dilihat oleh pengunjung lain dari situs youtube.
b.      Promoted Videos ini menampilkan video berdasarkan jumlah pengunjung yang menonton.
2.      Video dalam layanan ini kit bisa melihat video yang beragam dan spesifik yang kategorinya digolongkan berdasarkan jenisnya maupun pilihan terbanyak.
3.      Channels, dengan layanan ini kita bisa menikmati video-video yang di upluod oleh orang yang sama dengan kategori yang ditampilkan berdasarkan jenis video dan waktu.
4.      Community, berfungsi sebagai situs video sharing,namun youtube juga menyediakan layanan lain sebagai sarana untuk saling berinteraksi antar anggota Youtube. Komunitas yang dibentuk oleh para anggota youtub diantaranya group, blog,contests, test tube dan video toolx.
Untuk membuat account youtube bisa dilakukan tanpa mendaftar di youtube, dengan menggunakan google mail. Yaitu cukup dengan memasukkan alamat email dan password, maka otomatis akan terdaftar di YouTube tidak perlu mendaftar lagi di account Youtube.
Kelebihan youtube :
a.       Bisa melihat atau mengupload video yang kita suka secara gratis.
b.      Sebagai ajang promosi,misalnya blog atau bisnis.
c.       Memberikan informasi yang ada didunia dengan melihat video.
d.      Memudahkan kita untuk mencari informasi yang terbaru yang ada di dunia ini
Kekurangan:
a. Bisa disalahgunakan penggunanya.
b. Karena terlalu bebas upload video jadi banyak video yang tidak berguan atau video pornografi yang terupload.
c. Gambarnya juga ada yang tersendat-sendat.
d.Banyak video yang berkualitas buruk.


Situs web atau web site, situs merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Situs web ditempatkan pada server web dan gabungan semua situs web yang dapat diakses publik disebut WWW atau  koleksi keterhubungan dokumen-dokumen yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protokol (http) namun tidak semua siitus memberikan akses kebebasan. Menghormati privasi atau tujuan komersial dan keamanan dijadikan alasan dalam pembatasan ini.
Situs web yang bisa berupa hasil karya perorangan maupun individu ini ditemukan oleh Sir Timothy John dan dibuat pertamakali oleh Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Situs WEB dibagi menjadi dua:
1.      Situs web statis, merupakan situs web yang isinya tidak diperbharui secara berkala. Pengaturan ataupun pemutakhiran isi web dilakukan secara manual.
2.      Situs web dinamis, Situs web yang didesain agar isi dalam web bisa diperbaharui secara berkala. Bisa berubah melewati suatu periode tertentu. Ex:  implementasinya  adalah Situs Berita.
WEB (WWW) merupakan salah satu komponen dari internet yang bekerja berdasarkan 3 mekanisme:
1.      Protocol standard, aturan yang digunakan untuk berkomunikasi pada computer networking. Protocol untuk WWW yaitu HTTP
2.      Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu URL (Uniform Resource Location) yang digunakan sebagai standard alamat internet
3.       HTML digunakan untuk membuat dokumen yang bisa diakses melalui Web. Inilah uang menjadi dasar menjelajah internet dan melihat halaman web yang menarik karena HTML merupakan bahasa dari WEB.
Ada perbedaan anatara HTTP dengan HTTPS:
         HTTP merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, merupakan dasar komunikasi data untuk WWW. Kita akan menggunakan HTTP setiap membuka website. Data paket yang dikirim tidak terenkripsi, siapa saja dapat melihat data dalam teks biasa, sehingga penggunaan http kurang aman.
         HTTPS
         Adalah singkatan dari Hyper Text transfer protocol secure, merupakan kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure.
         HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login dll. Website yang sudah menggunakan protokol ini adalah Gmail.com, PayPal, Amazon. Halaman web yang diawali dengan https:// merupakan sebuah web yang membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi terhadap data-data / dalam web tersebut. Ex : https://www.paypal.com, https://www.google.com/adsense


         DOMAIN
Domain (domain name) merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Nama domain = URL = alamat website.
Fungsi Domain:
  mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server
  mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Untuk membeli nama domain, bisa diakses di http://idwebhost.com/domain
Beberapa tipe domain :
1.       com atau co (Perusahaan komersial)
2.       edu atau ac (Institusi pendidikan)
3.       gov atau go (Biro atau badan pemerintah)
4.       mil (Militer)
5.       net (Penyedia jaringan)
6.       org atau or  (Organisasi lain-lain)
Ex : uin-suka.ac.id
uin-suka = domain atau lokasi dalam Internet
ac = tipe domain
id = identitas negara tempat domain berada
       URL
Ada 3 bagian dalam URL
  Protocol
                http:// atau https://
  Alamat server
                www.uin-suka.ac.id
  Path file
                files/pengumuman/pengumuman%20wisuda_0001.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar