Label

Selasa, 12 Juni 2012

Fitur Google


Tentunya Google tidak asing bagi kita. Google merupakan mesin pencari yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa S3 di Universitas Stanford, California pada tahun 1996. Awalnya mesin pencari ini bernama BackRub, namun setahun kemudian berganti nama menjadi Google. Dan sekarang ini pengguna semakin dimudahkan dengan berbagai layanan yang dikembangkan hingga saat ini terdapat beberapa fitur google antaralain :
1.       Google Maps, merupakan layanan peta gratis yang dapat dilihat melalui browser web kita yang dapat diakses melalui http://maps.google.com. Kita bisa mengetahui letak suatu tempat dengan cepat dan dan bisa mengetahui dengan detail letak suatu tempat atau bagian bangunan. Terdapat 3 pilihan tampilan, yaitu:
a.       Google Maps
b.      Google Satelit
c.       Google Earth
tidak perlu instalasi dan bisa diatur sesuai keinginan kita, baik ukuran besar kecilnya maupun hasil gambarnya. Namun membutuhkan jaringan internet yang baik dan tidak semua tempat bbisa diakses.
2.       Google Tranlate diggunakan untuk menerjemahkan kata, kalimat, artikel bahkan halaman web menjadi sekitar 58 bahasa didunia. Disebut juga kamus anatar bahasa termasuk bahasa Indonesia sejak 25 september 2008. Google translate ini bisa diakses melalui http://translate.google.com. Mudah diakses tanpa perlu instalasi dilengkapi dengan fitur voice untuk mendengarkan cara pelafalannya. Namun tidak peka dengan kalimat perintah Ex: clean your room artinya membersihkan kamar anda, padahal yang benar adalah bersihkan kamarmu. Tidak mampu memahami sebuah kalimat, tapi hanya mampu mengartikan setiap kata, sehingga tidak cocok untuk melakukan terjemahkan dalam kalimat yang panjang.
3.       Google Book Search, alat pencarian ini bertujuan buku dan mengetahui dimana kita dapat membelinya atau meminjamnya bukan untuk membacanya secara online dari awal sampai akhir. Bisa diakses melalui http://books.google.com. Mudah digunakan seperti halaman web dan dapat mengetahui ringkasan suatu buku terkadang dilengkapi juga dengan dengan hargannyai.
4.       Google News, merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media massa online, seperti Metro TV News, Okezone, KOMPAS.com, Vivanews, Tribunnews, Suara Pembaruan, ANTARA, Republika Online, Jakarta Globe, Liputan 6, New York Times (blog), San Fransisco Chronicle (press release), NorthJersey.com, Huffington Post, USA TODAY, dan sebagainya. Dapat diakses melalui http://news.google.com. Namun hanya mampu menampilkan format artikel HTML seperti blog dari media massa, artinya yang berformat PDF atau non HTML lain tidak mampu ditampilkan oleh google news dan terkadang keterangan terdapat jumlah artikel tidak tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar