Label

Kamis, 31 Mei 2012

Search Engine


Mesin pencari (search engine) adalah program komputer  yang dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer  dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Contoh dari search engine :
·      Google, bisa langsung menuliskan http://www.google.com/  menyediakan fasilitas pencarian web, gambar, peta, berita, gmail termasuk juga dokumen, kalender, terjemahan dan lain sebagainya. Google ini memiliki beberapa kelebihan :
1.     Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.l
2.    lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3.     Tampilan yang sederhana.
4.    Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach.
5.    Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll
Namun kelebihan yang dimilikinya dimanfaatkan oleh para spamer yang menggunakannya untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan dengan memanfaatkan celah pada sistem alogaritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Kemudian terkdang filter pencariannya langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.
·       Yahoo atau http://www.yahoo.com/ merupakan Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis yang sebenarnya halaman utamanya tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Selain web Yahoo juga menyediakan pencarian gambar, video dan berita. Yahoo memiliki beberapa kelebihan dianataranya :
a.       Bila di refresh cepat
b.      Banyak fasilitas yang disediakan
c.       Sudah ada dibanyak negara
d.      Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju.
Karena dalam membuat id terlalu mudah, seringkali hal ini disalah gunakan kemudian Yahoo juga memiliki beberapa kekurangan lain, seperti :
a.       Satu id Yahoo hanya untuk yahoo, tidak bisa digunakan untuk produk windows, seperti  IM msn.
b.      Fitur YM masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
c.       Skin unutuk YM masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak.
·       Altavista (http://www.altavista.com/), memiliki keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan. Namun dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
·       Ask ( http://www.ask.com/ ), search engine mampu mencari situs penyedia jawaban yang diberikan. Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!.
Namun databasenya kecil dan saat menerima fitur kurang lengkap. Kemudian adanya pengelompokan data khususnya dalam pembukaan gambar.
·       Bing( http://www.bing.com/ ), merupakan salah satu search engine buatan microsoft yang bisa digunakan untuk mencari informasi, baik gambar maupun sebuah situs web. Bing memiliki banyak fasilitas instan answer, hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Tidak hanya itu saja namun tampilan bing Maps yang lebih interatif dan sistem filternya bisa kita sesuaikan sendiri.
Namun, tidak adanya geo targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai dan tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.
Kemudian masih banyak lagi search engine seperti :
·         http://www.dogpile.com/
·         http://www.altavista.com/
·         http://alltheweb.com/
·         http://www.looksmart.com/
·         http://www.metacrawler.com/
·         http://www.ask.com/
·         http://www.bing.com/
·         http://www.webcrawler.com/
·         http://livesearch.com/
cara ketja dari search engine sendiri adalah menyimpan semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Kemudian isi setiap halaman dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya. Kemudian data pada halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar