Label

Senin, 28 Mei 2012

E-journal


Tentunya kita tidak asing dengan istilah artikel. Bahkan seringkali kita menggunakan artikel sebagai salah satu referensi kita. Biasanya kita mendapatkan artikel melalui surat kabar atau media cetak lainnnya.
Namun belakangan ini, artikel dapat kita jumpai diblog ataupun media elektronik yang lainnya. Dan hal ini sering disebut dengan artikel on-line. Artikel online adalah sebuah karangan prosa yang dimuat dalam media yang membahas isu tertentu,persoalan atau kasus yang berkembang dalam masyarakat luas dengan cara dionlinkan dan berbentuk digital.
Ada beberapa jenis artikel on-line, diantaranya:
ü E-journal, merupakan terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang diterbitkan yang berbentuk digital/dionlinekan.
Seperti pada http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php yang menyediakan artikel dengan berbagai subyek tertentu.
ü E-magazine, kita juga bisa mendapatkan artikel dari majalah digital yang di onlinekan. Seperti pada http://www.pnri.go.id yang didalamnya juga menyediakan artikel online.
ü E-newapaper, bisa juga mendapatkanya dari surat kabar yang ada di internet. Sepert i http://epaper.kompas.com/ yang sudah bisa diterbitkan secara online.
Artikel online yang memiliki beberapa kelebihan sekarang ini lebih diminati banyak oarang karena dianggap lebih cepat mengUp-luod dan menDownloadnya tanpa memerlukan banyak biaya yang mahal dan dianggap lebih interaktif.  
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa artikel online juga memiliki beberapa kelemahan seperti:
a.       Tergantung pada layar komputer
b.      perubahan URL menjadikan akses ke online journals menjadi terganggu bahkan hilang semuanya.
c.       Pengarsipan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar