Label

Selasa, 29 Mei 2012

E-book


Tentunya kita tidak asing lagi dengan istilah e-book atau buku elektronik yaitu buku yang tercetak dirubah menjadi elektronik. Definisi dari e-book sendiri adalah buku elektronik dan dibaca  menggunakan aplikasi pembaca buku di komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk membacanya. Kemudian lat atau aplikasi untuk membaca E-Book disebut E-book Reader.
Ada beberapa format E-book, dianatanya:
a.         CHM (Compiled HTML Help File) tidak seperti file teks biasa, CHM mempunyai fungsi pencarian, kompresi, dan pengaturan topic sehingga memudahkan kita dalam membaca gambar dan teks di dalamnya. CHM sering digunakan sebgai file yang berisi Help di aplikasi Windows, namun popularitasnya juga berkembang didistribusi ebook.
b.         TXT atau ASCII adalah sederhana, teks yang tidak teratur, dan merupakan format yang paling umum, karena kemudahan dalam pembuatannya dan pembacaannya. Walaupun format ini tidak menampilkan grafis dan formatting seperti huruf tebal dan miring, file text bias dibaca oleh semua computer dan bias di-convert ke dalam semua format.
c.          LIT format Microsoft Reader LIT menghadirkan format buku yang rapi dan teratur, termasuk juga cover buku jika menginginkannya. Dengan Microsoft Reader LIT ini kita dapat melompat dari satu halaman ke halaman lainnya, mencari kata, mengganti ukuran font, membuat catatan, dan menambah bookmarks. Microsoft Reader juga menyertakan sebuah library built-in yang bisa mengatur buku koleksi kita.
d.        PDF merupakan file Portable Document Format (PDF) hanya bisa ditampilkan dengan menggunakan program Acrobat Reader. Program Acrobat Reader bersifat gratis dan tersediauntuk hamper semua system operasi termasuk penggunaan handheld. Walaupun beberapa buku melakuan proteksi copy, lebih banyak yang melepaskan format PDF menjadi bebas untuk disimpan dalam format lain dan di-print.
e.          Epub merupakan format buku digital yang telah menjadi standar resmi IDPF (International Digital Publishing Forum). Epub dibuat berdasarkan bahasa HTML dan XHTML dan bersifat terbuka sehingga boleh digunakan oleh perangkat apapun. Sekarang ini, format Epub telah didukung oleh beragam perangkat lunak dan perangkat keras, mulai dari PC, komputer tablet, hingga ponsel.
Dan masih banyak format lainnya seperti RTF, DOC, PRC, HTML,  Djvu dan sebagainya. Tidak sulit jika kita ingin mendapatkan e-book dengan bidang tertentu, misalnya saja http://www.kangzusi.com/
yang menyediakan berbagai jenis buku karaya sastra baik berupa novel dewasa, anak-anak, terjemahan atau yang lain. kemudian http://www.buku-e.lipi.go.id/ yang menyediakan berbagai macam buku matapelajaran anak SD, kemudian http://www.duniadownload.com/, http://www.scribd.com dan masih banyak yang lainya.
E-book memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :
a.     Ukuran fisik kecil
b.    Mudah dibawa
c.     Tidak lapuk
d.    Mudah diproses
e.     Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca
f.     Penggandaan (duplikasi, copying)
g.    Mudah didistribusikan
Namun demikian e-book juga memiliki beberapa kelemahan, sebagai berikut:
a.     Membutuhkan energi (listrik atau baterai) untuk dapat beroperasi
b.    Masih sedikitnya jumlah judul buku elektronik, e-book yang beredar
c.     Membutuhkan perangkat khusus untuk membacanya
d.    Rentan dengan kerusakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar